Manusia sebagai Makhluk Ekonomi

Advertisement
Pengertian Dasar Ekonomi
Secara ilmu, arti ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari usaha manusia dalam memenuhi kebutuhan hidup atau mempelajari peristiwa masyarakat dalam mencapai kemakmuran. Dalam hal ini, kemakmuran adalah suatu kondisi dimana manusia dapat memenuhi sebagian besar kebutuhan hidupnya akan barang dan jasa. Dalam upaya mencapai kemakmuran tersebut seringkali manusia dihadapkan dengan persoalan-persoalan atau masalah yang harus dihadapinya. Persoalan-persoalan yang dihadapi manusia dalam usaha mencapai kemakmuran disebut persoalan ekonomi.

Tujuan Mempelajari Ilmu Ekonomi
Berikut ini adalah tujuan utama mempelajari ilmu ekonomi, yaitu:
  • Untuk mempelajari berbagai alat, sarana dan prasarana yang dapat digunakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan hidup manusia.
  • Untuk mempelajari cara-cara memenuhi kebutuhan manusia yang beraneka ragam, baik untuk sekarang maupun untuk masa yang akan datang dalam segala kondisi.
Hukum Ekonomi
Hukum ekonomi menunjukkan hubungan antara peristiwa ekonomi dimana peristiwa tersebut harus dilihat hubungannya satu sama lain, apakah suatu peristiwa sebagai akibat dari peristiwa lainnya atau di antara peristiwa itu terdapat hubungan yang saling mem-pengaruhi. Di dalam ilmu ekonomi terdapat dua macam hubungan dan peristiwa ekonomi, yaitu:

Hubungan Fungsional
Hubungan fungsional adalah hubungan antara peristiwa yang satu dengan yang lainnya saling berpengaruh, misalnya hukum penawaran dan permintaan berikut ini.
  • jika penawaran bertambah dan permintaan berkurang, maka harga turun.
  • jika permintaan bertambah dan penawaran bertambah, maka harga naik.
Hubungan Sebab-Akibat
Hubungan ini menyatakan bahwa adanya kejadian atau peristiwa yang merupakan salah satu sebab adanya peristiwa lain yang timbul karena merupakan akibat. Misalnya, karena harga BBM (Bahan Bakar Minyak) naik, maka harga semua kebutuhan pokok dengan sendirinya menjadi naik.

0 Response to "Manusia sebagai Makhluk Ekonomi"

Post a Comment