Alat Pemuas Kebutuhan Hidup Manusia

Advertisement
Untuk kelangsungan hidup, manusia memerlukan makan, minum, pakaian, perumahan, dan sebagainya. Kebutuhan manusia makin hari makin meningkat. Karena kebutuhan makin meningkat, maka terjadi kelangkaan atau keterbatasan. 

Kelangkaan atau Keterbatasan

Untuk mendapatkan kebutuhan yang makin hari makin beragam baik jenis maupun jumlah, maka tidak salah manusia selalu berusaha untuk mendapatkan benda-benda kebutuhan tersebut. Mengapa manusia begitu giat berlomba meme-nuhi kebutuhan hidupnya? Berikut ini adalah alasannya.
  • Banyak orang yang beranggapan bahwa barang-barang tersebut merupakan kebutuhan pokok bagi mereka. Contohnya, seseorang sudah cukup untuk sandang dan pangan, akan tetapi karena ingin cepat memiliki kendaraan mewah ia berupaya memaksakan diri untuk mendapatkan barang tersebut.
  • Barang (alat) pemuas kebutuhan tersebut sifatnya sangat terbatas. Keadaan inilah yang selalu disadari oleh manusia. Akibatnya, tidak sedikit manusia yang selalu menambah jam kerjanya, sekalipun telah pensiun dari perusahaan atau instansi pemerintahan, ia kembali bekerja di instansi atau perusahaan yang lainnya.
Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa permasalahan ekonomi selalu berkisar pada permasalahan kelangkaan sumbersumber barang kehidupan (kebutuhan) yang diperlukan oleh manusia. Bertambahnya jumlah manusia menyebabkan makin bertambah kebutuhan hidup manusia. Sedangkan, persediaan akan barang tersebut makin terbatas dan sulit untuk disesuaikan dengan jumlah manusia. Beberapa sumber daya alam yang makin berkurang, baik kualitas maupun kuantitasnya adalah:
  • Tanah : Tanah merupakan sumber utama bagi kemakmuran. Secara kuantitatif, tanah tidak akan bertambah, sedangkan kesuburannya akan berkurang jika cara pengolahannya tidak bijak. Berdasarkan jenisnya, tanah dapat dikatakan sebagai sumber kehidupan manusia yang terbatas.
  • Air : Air merupakan sumber kemakmuran dan bersifat terbatas. Karena pengelolaan hutan dan sumber air yang tidak bijak, air bisa menjadi masalah, misalnya datangnya banjir atau mengakibatkan tanah longsor, seperti yang terjadi pada Februari 2007, hampir 90% ibukota Jakarta terendam banjir.
  • Hutan : Hutan termasuk sumber daya alam yang dapat diperbaharui, tetapi hal tersebut memerlukan waktu yang sangat lama. Pengolahan hutan yang tidak bijaksana akan menimbulkan malapetaka, misalkan saja banjir dan tanah longsor yang banyak menelan korban jiwa.
  • Bahan Tambang (Bahan Galian) : Bahan tambang atau bahan galian merupakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui, artinya jika habis kita tidak dapat meremajakan kembali. Oleh karena itu, dalam pemanfaatan sumber daya alam, kita harus bijaksana dalam menggunakannya. Contoh bahan tambang atau bahan galian adalah besi, minyak bumi, tembaga, timah.

Macam-Macam Barang

Untuk mengelompokkan barang-barang pemenuh kebutuhan hidup manusia, kita dapat mengelompokkan berdasarkan wujudnya, kelangkaannya, hubungan dengan barang lain, dan tujuan penggunaannya.
a. Macam-Macam Barang Menurut Wujudnya
Berdasarkan wujudnya, barang-barang pemuas kebutuhan manusia dapat dibedakan menjadi dua, yaitu benda dan jasa. Alat pemenuh kebutuhan hidup yang tergolong benda, di antaranya: makanan, minuman, pakaian, tempat tinggal, mobil, alat perlengkapan rumah tangga, televisi, dan radio. Alat pemenuh kebutuhan yang berupa jasa diperlukan karena kemampuan manusia berbeda-beda sehingga apabila ada manusia yang ingin memenuhi kebutuhan tertentu, sedangkan dia sendiri tidak mampu memenuhi sendiri, ia harus meminta bantuan kepada orang lain yang mampu. Bantuan yang diberikan oleh orang lain dinamakan jasa. Beberapa jenis profesi yang tergolong pekerjaan jasa adalah tukang jahit, tukang sol, sopir, dokter, dan lain-lain.

b. Macam-Macam Barang Menurut Perlengkapan
Dilihat dari segi kelangkaannya, barang pemenuh kebutuhan manusia dapat dibedakan menjadi dua bagian, yaitu barang bebas atau barang nonekonomi dan barang ekonomi. Barang bebas atau barang nonekonomi adalah barang yang dapat diperoleh tanpa pengorbanan dan jumlahnya tidak terbatas, seperti: air, udara, dan sinar matahari. Dalam keadaan tertentu, barang bebas ini keadaannya dapat berlimpah melebihi apa yang sebenarnya dibutuhkan sehingga untuk memperolehnya tidak diperlukan pengorbanan. Barang ekonomi adalah barang yang jumlahnya terbatas sehingga untuk memperolehnya dibutuhkan pengorbanan tertentu. Suatu barang ekonomi memenuhi kriteria sebagai berikut.
  • digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup atau memiliki nilai pakai;
  • dapat ditukarkan dengan barang-barang yang lain; dan
  • jumlahnya terbatas dan selalu menimbulkan kekurangan, contohnya rumah, makanan, minuman, dan pakaian.
c. Macam-Macam Barang Menurut Hubungannya dengan Barang Lain
Ditinjau dari segi hubungan dengan barang-barang yang lain, barang pemenuh kebutuhan manusia dapat dibedakan menjadi dua bagian, yaitu barang pengganti atau barang substitusi dan barang pelengkap atau barang komplementer. Barang pengganti atau barang substitusi adalah barang kebutuhan manusia yang dalam pemakaiannya dapat saling mengganti. Contohnya,
bahan pangan beras dapat digantikan dengan jagung, sagu atau gandum.
Barang pelengkap adalah barang yang akan berguna jika digabungkan dengan barang yang lain. Barang tersebut baru akan berfungsi jika telah digabung dengan barang yang lainnya. Contohnya, mobil bermesin diesel dapat berjalan jika diisi dengan bahan bakar solar.

0 Response to "Alat Pemuas Kebutuhan Hidup Manusia"

Post a Comment