Konektivitas Ruang dan Waktu

Advertisement
Pengertian aspek ruang 
Pengertian  aspek ruang adalah pertimbangan atau sudut pandang suatu kejadian yang dipengaruhi oleh ruang.

Ruang merupakan tempat di permukaan Bumi, baik sebagian maupun keseluruhan. Ruang tidak hanya sebatas udara dipermukaan bumi, tetapi juga lapisan atmosfer, batas ruang dapat diartikan sebagai tempat dan unsur lainnya yang berpengaruh terhadap kehidupan mahluk hidup di seluruh permukaan Bumi.

Ruang merupakan tempat berlangsungnya kegiatan individu perorangan dan kelompok. Ruang tidak sekedar bangunan seperti rumah atau gedung. Ruang juga meliputi udara, air, tanah, serta komponen-komponen yang ada di dalamnya. Ruang juga dapat diartikan sebagai tempat dan unsur-unsur lainya yang mempengaruhi Bumi.

Pengertian Aspek Waktu 
Definisi aspek waktu adalah pertimbangan atau sudut pandang suatu kejadian yang dipengaruhi oleh waktu. Selain terikat dengan ruang, suatu peristiwa juga terikat waktu. Konteks waktu dibagi 3:
  • Lampau : Waktu lampau berkaitan dengan masa lalu yang telah terjadi
  • Sekarang : Masa sekarang berkaitan dengan kegiatan yang sedang dilakukan
  • Akan datang : Masa akan datang berkaitan dengan kegiatan yang akan dilakukan.
Dalam sejarah, konsep waktu sangat penting untuk mengetahui peristiwa masa lalu dan perkembangannya hingga saat ini. Konsep waktu dalam sejarah mempunyai arti masa atau periode berlangsungnya perjalanan kisah kehidupan manusia.

Konektivitas Antar Ruang dan Waktu
Selain terikat oleh ruang, suatu peristiwa/gejala terikat juga oleh waktu. Sebagai contoh "terjadi peristiwa bencana tsunami di Aceh pada tahun 2004". Peristiwa tsunami tersebut terikat oleh ruang, yaitu Aceh dan terikat oleh waktu, yaitu tahun 2004. Suatu peristiwa juga seringkali tidak berdiri sendiri, tetapi merupakan rangkaian dari peristiwa-peristiwa sebelumnya.

Sebagai contoh, kemerdekaan yang kita nikmati sekarang ini adalah  hasil perjuangan dari para pahlawan kita dulu saat era perjuangan. Kita harus berterimakasih dan menghargai jasa para pahlawan yang telah mendahului kita dan telah mengorbankan jiwa raganya untuk merebut kemerdekaan yang kita nikmati sekarang.
Manusia menggunakan ruang atau tempat sebagai tempat tinggal dan melakukan interaksi antara satu dan yang lainnya. Manusia saling menyapa, berkenalan, menegur, dan saling berinteraksi. Manusia tidak dapat hidup sendiri, manusia selalu berhubungan dengan manusia lainnya. 

Hubungan tersebut tercermin dalam hubungan interaksi sosial. Interaksi sosial merupakan kunci dalam sendi-sendi kehidupan sosial karena tanpa interaksi, tidak mungkin terjadi aktivitas sosial. Interaksi sosial merupakan hubungan-hubungan sosial yang dinamis, baik yang menyangkut hubungan antara individu dengan individu lainnya, antara individu dengan kelompok, maupun antara kelompok dengan kelompok lain.

4 Responses to "Konektivitas Ruang dan Waktu"