Potensi Keragaman Budaya Terhadap Perekonomian

Advertisement
Salah satu kegiatan ekonomi yang bersumber dari pengembangan potensi keragaman budaya Indonesia adalah pariwisata. Potensi keragaman dan keunikan budaya Indonesia menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Beberapa daerah di Indonesia seperti Bali, Lombok, Sulawesi, Maluku, dan Papua menyuguhkan pengalaman wisata yang sulit dilupakan. 

Bahkan, objek wisata yang terdapat di daerah-daerah tersebut menjadi tujuan wisata dunia. Tercatat ribuan wisatawan asing mengunjungi Indonesia setiap tahunnya. Hal ini mendatangkan devisa negara dalam jumlah besar, sehingga kegiatan pariwisata menjadi kegiatan ekonomi andalan nasional.

Pariwisata adalah kunjungan ke tempat-tempat yang memiliki daya tarik tertentu (objek wisata) untuk berekreasi, memperdalam ilmu pengetahuan, atau melaksanakan pekerjaan. Tempat-tempat yang dijadikan sebagai tempat tujuan wisata dapat dibedakan seperti berikut.

  1. Objek wisata alam seperti kebun binatang, taman nasional, pantai, danau, air terjun, dan pegunungan.
  2. Objek wisata rekreasi seperti kolam renang, pemancingan ikan, dan taman rekreasi.
  3. Objek wisata budaya seperti museum, candi, rumah adat, keraton, masjid kuno, benteng kuno atau bangunan-bangunan bersejarah lainnya.

Perkembangan pariwisata yang pesat memacu munculnya gagasan-gagasan kreatif dalam tindakan ekonomi. Apa yang dimaksud dengan gagasan-gagasan kreatif dalam tindakan ekonomi? Gagasan- gagasan kreatif dalam tindakan ekonomi adalah usaha seseorang untuk bisa mencapai kemandirian dan kesejahteraan. Usaha mencapai kemandirian dapat dilakukan dengan kegiatan kewirausahaan. 

Caranya dengan memanfaatkan sumber daya yang tersedia dan memodifikasinya menjadi lebih berguna dan bermanfaat. Banyak gagasan kreatif yang dapat dilakukan seperti membuka usaha penginapan, rumah makan, biro perjalanan, toko-toko suvenir, dan cendera mata, serta usaha-usaha lainnya.

0 Response to "Potensi Keragaman Budaya Terhadap Perekonomian"

Post a Comment