Indikator Untuk Mengidentifikasi Negara Maju dan Berkembang

Advertisement
Indikator untuk mengidentifikasi negara maju dan berkembang - Perkembangan atau kemajuan suatu negara dengan negara lain berbeda-beda. Untuk itu diperlukan indikator untuk mengidentifikasi negara maju dan berkembang. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor antara lain kualitas sumber daya manusia, tingkat perkembangan ekonomi, keadaan sumber daya alam, dan tingkat penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Untuk mengidentifikasi suatu negara dikategorikan negara maju atau negara berkembang, kita dapat melihat hasil pembangunan negara tersebut, baik pembangunan fisik maupun pembangunan nonfisik. Pembangunan fisik misalnya pembangunan jalan raya, gedung sekolah, tempat-tempat ibadah, rumah sakit, dan sebagainya. Sedangkan pembangunan nonfisik antara lain ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, kejujuran, kedisiplinan, kecerdasan, tanggungjawab, kesetiakawanan, dan sebagainya.

Tahap-tahap perkembangan kemajuan suatu negara berbeda satu sama lain. Negara-negara yang sudah berhasil dalam pembangunan disebut negara maju. Sedangkan negara yang sedang giat-giatnya membangun disebut negara berkembang. Berikut ini beberapa indikator untuk mengukur keberhasilan pembangunan suatu negara.

1. Peningkatan Pendapatan Perkapita
Pendapatan perkapita adalah rata-rata pendapatan penduduk suatu negara dalam satu tahun. Pendapatan perkapita dihitung dari pendapatan nasional kotor dibagi jumlah penduduk. Menurut data World Population Sheet tahun 2001, rata-rata pendapatan perkapita penduduk di negara-negara maju sekitar US$ 20.520, sedangkan negara berkembang rata-rata hanya US$ 3.300. Sementara itu rata-rata pendapatan perkapita penduduk dunia adalah US$ 6.650.

2. Penurunan Masyarakat Miskin
Kemiskinan merupakan salah satu ciri masyarakat di negara-negara terbelakang dan negara berkembang. Kondisi ini sangat kentara terjadi di beberapa negara Afrika, misalnya Somalia. Pemerintah di negara-negara berkembang saat ini sedang berusaha sekuat tenaga untuk mengurangi jumlah masyarakat miskin, agar bisa sejajar dengan negara-negara maju.

3. Penurunan Kesenjangan Penerimaan Pendapatan
Masalah kesenjangan pendapatan juga merupakan masalah yang menimpa negara-negara berkembang, termasuk Indonesia. Oleh karena itu muncul kalimat bernada sindiran “yang kaya makin kaya, yang miskin makin miskin”. Di negaranegara maju selisih (jarak) pendapatan antara golongan kaya dan miskin tidak terlalu jauh.

4. Penurunan Kematian Bayi
Tingkat kematian bayi merupakan salah satu indikator keberhasilan pembangunan suatu bangsa, karena tingkat kematian bayi menentukan tingkat kesehatan penduduk bangsa tersebut. Pada tahun 2001, data World Population Sheet menunjukkan rata-rata kematian bayi di negara-negara maju sebesar 8 jiwa untuk setiap 1.000 penduduk. Di negara-negara berkembang sebesar 61 jiwa per 1.000 penduduk. Sedangkan rata-rata di dunia, besar angka kematian bayi adalah 56 jiwa per 1.000 penduduk.

5. Penurunan Angka Buta Huruf
Angka buta huruf suatu negara berkaitan dengan tingkat pendidikan penduduk. Negara-negara yang rata-rata pendidikan penduduknya tinggi, memiliki angka buta huruf yang rendah. Sebaliknya di negara-negara yang tingkat pendidikan penduduknya rendah, angka buta hurufnya juga tinggi. Tingkat pendidikan merupakan salah satu indikator kualitas penduduk suatu negara.

6. Penurunan Pertumbuhan Penduduk
Bangsa-bangsa di negara berkembang rata-rata memiliki tingkat pertumbuhan penduduk yang lebih tinggi dibandingkan dengan negara-negara maju. Oleh karena itu kebanyakan pemerintah negara berkembang melakukan pencanangan usaha pengendalian jumlah penduduk. Usaha tersebut antara lain dilakukan melalui program Keluarga Berencana, seperti yang digalakkan di Indonesia. 

Dewasa ini pertumbuhan penduduk di negara-negara maju berkisar 0,1 % per tahun. Di negara-negara berkembang masih cukup tinggi, yaitu 1,6% per tahun. Sedangkan rata-rata pertumbuhan penduduk dunia sekitar 1,3% per tahun.

Demikian indikator untuk mengidentifikasi negara maju dan berkembang, yang selanjutnya dijabarkan dalam ciri-ciri negara maju dan berkembang. Untuk lebih jelasnya silahkan dibaca postingan kami sebelumnya yang berjudul ciri-ciri negara maju dan berkembang, untuk itu terima kasih atas kunjungannya.

0 Response to "Indikator Untuk Mengidentifikasi Negara Maju dan Berkembang"

Post a Comment