Atlas

Advertisement
Pengertian Atlas
Atlas adalah kumpulan peta yang dibuat dalam bentuk buku. Atlas yang baik mudah dimengerti dan tidak membingungkan bagi pengguna. Agar atlas menjadi baik paling tidak memuat komponen komponen berikut ini.
  1. Judul Atlas : Judul atlas diletakkan di halaman sampul dan harus berhubungan dengan isi atlas. Sebagai contoh, atlas Indonesia karena judulnya „Atlas Indonesia‰, maka atlas tersebut antara lain memuat peta provinsiprovinsi di Indonesia.
  2. Tahun Pembuatan Atlas : Tahun pembuatan atlas yang berbeda akan menyajikan informasi yang berbeda pula, terutama yang berhubungan dengan data yang sifatnya dinamis. Tahun pembuatan atlas biasanya ditulis setelah nama penerbit, misalnya Atlas Nusantara, diterbitkan oleh PT XYZ, 2000.
  3. Daftar Isi : Daftar isi menunjukkan judul-judul peta dan halamannya yang ada dalam atlas. Daftar isi memudahkan pengguna dalam mencari peta yang dibutuhkan.
  4. Legenda (Kumpulan Simbol Peta) : Legenda digunakan untuk menunjukkan arti simbol yang digunakan pada peta. Legenda biasanya diletakkan di halaman awal sebelum peta-peta pokok.
  5. Indeks : Indeks berguna untuk memudahkan dalam mencari letak sebuah kota, gunung, pulau, sungai atau unsur-unsur geografi yang lain.
Jenis Atlas
Jenis atlas bergantung dari isi atlas, yaitu isi dari segi peta yang ditampilkan. Berdasarkan jenisnya, atlas dibagi menjadi tiga, yaitu atlas umum, khusus, dan semesta.
  1. Atlas Umum : Atlas jenis ini memberikan informasi secara umum tentang objek geografi di permukaan bumi. Termasuk dalam jenis atlas umum, yaitu: 1) Atlas dunia, memaparkan keadaan benua-benua di seluruh dunia. 2) Atlas nasional, memaparkan keadaan suatu negara.
  2. Atlas Khusus : Atlas jenis ini memberikan satu jenis informasi saja sesuai dengan judulnya. Contoh atlas jenis khusus, yaitu: 1) Atlas sejarah, memaparkan peristiwa-peristiwa sejarah. 2) Atlas geologi, memaparkan keadaan geologi atau batuan.
  3. Atlas Semesta : Atlas jenis ini memaparkan keadaan semesta, antara lain: berhubungan dengan tata surya, galaksi, perbintangan, dan peredaran benda angkasa.
Penggunaan Atlas
Atlas dapat digunakan untuk keperluan, antara lain:
  • Mencari letak suatu objek geografi, misalnya: negara, provinsi, dan kota.
  • Mencari informasi tentang keadaan sosial dan ekonomi suatu daerah atau negara. Misalnya, yang berhubungan dengan hasil bumi dan kepadatan penduduk.
  • Mencari informasi tentang keadaan budaya, misalnya yang berhubungan dengan pendidikan dan persebaran benda sejarah.

0 Response to "Atlas"

Post a Comment