Advertisement
Pengertian Penawaran
Penawaran adalah jumlah barang yang ditawarkan pada tingkat
harga, waktu, dan tempat tertentu.
Faktor-faktor yang memengaruhi penawaran meliputi:
a. Biaya produksi
Besar kecilnya biaya produksi berpengaruh terhadap banyak
sedikitnya barang dan jasa yang ditawarkan. Pada umumnya, produsen akan mengurangi kegiatan
produksi yang menelan biaya besar, sehingga barang yang dihasilkannya pun
terbatas. Akibatnya jumlah barang/jasa yang ditawarkan berkurang. Sebaliknya,
jika biaya produksinya rendah, produsen akan menghasilkan barang dalam jumlah besar,
sehingga penawaran pun bertambah.
b. Tingkat teknologi
teknologi tinggi mampu menghasilkan barang dalam jumlah
besar. Banyaknya hasil produksi mengakibatkan bertambahnya penawaran. Dengan
demikian dapat dikatakan bahwa makin tinggi teknologi yang dipergunakan dalam proses
produksi, maka makin banyak pula penawaran barang/jasa.
c. Harga barang lain
Ketika minyak tanah dan gas harganya melambung bahkan langka
di pasaran, banyak ibu rumah tangga yang beralih menggunakan arang sebagai
bahan bakar alternatif. Akibatnya penawaran arang pun meningkat. Arang
merupakan barang pengganti (substitusi) bagi minyak tanah atau pun gas.
Hukum Penawaran
Hukum penawaran menyatakan bahwa “ jika harga barang yang
ditawarkan naik, maka jumlah barang yang ditawarkanpun akan bertambah, dan
sebaliknya, jika harga barang turun, maka jumlah barang yang ditawarkan pun
akan berkurang.”
Kurva Penawaran
Hubungan antara harga barang dengan jumlah barang yang ditawarkan
pada waktu dan tempat tertentu dapat dilukiskan dalam bentuk grafik yang
disebut sebagai kurva penawaran. Pada umumnya, kurva penawaran bergerak naik
dari kiri bawah ke kanan atas. Kondisi tersebut menandakan bahwa antara harga barang dan jasa
yang ditawarkan bersifat positif, artinya makin tinggi harga suatu barang, maka
makin banyak jumlah barang yang ditawarkan.
0 Response to "Pengertian Penawaran Barang dan Jasa"
Post a Comment