Teori Terbentuknya Benua

Advertisement
Benua adalah hamparan daratan yang sangat luas yang pada bagian tengahnya bersifat kering karena tidak mendapat pengaruh dari angin laut yang basah dan lembab. Benua dibatasi (dikelilingi oleh samudra). Benua-benua yang ada di dunia terdiri atas 6 benua yaitu Benua Asia, Benua Afrika, Benua Amerika, Benua Eropa, Benua Australia, dan Benua Antartika.

Teori Pergeseran Benua
Menurut Alfred Wagener, sebelum zaman Carbon (+ - 300 juta tahun yang lalu), semua benua yang ada sekarang ini tergabung menjadi satu yang disebut Benua Pangea. Benua Pangea kemudian terpecah menjadi dua benua, yaitu Benua Laurasia (di bagian utara) dan Benua Gondwana (di bagian selatan). Proses pecahnya benua Pangea ini terjadi sekitar 135 juta tahun lalu.

Selanjutnya Benua Laurasia bagian barat bergerak ke utara menjauhi benua Gondwana yang akhirnya membentuk benua Benua Amerika Utara.  Sedangkan Benua Gondwana di selatan terpecah menjadi beberapa benua, yaitu sebagai berikut.
  • Bagian barat bergeser terus ke arah barat menjadi Benua Amerika Selatan.
  • Bagian timur bergerak ke timur menjadi Benua Afrika.
  • Bagian yang lebih kecil di bagian timur terus bergerak ke arah timur laut danmenjadi India.
Teori Wagener disebut juga Teori Pergeseran Benua. Teori ini didasarkan pada fakta-fakta sebagai  berikut.
  • Lekukan atau bentuk pantai di Afrika Timur, Amerika Utara, dan Amerika Selatan dengan pantai barat Eropa dan Afrika hampir sama.
  • Daratan Tanah Hijau (Greenland) menjauh dari Eropa sejauh +- 36 centimeter setiap tahun.
  • Tanah di Amerika Selatan, Afrika, India, Australia dan Antartika menunjukkan persamaan sifat.
  • Pulau Madagaskar dalam gerakannya ke arah barat terhambat oleh Afrika.
Posisi masing-masing Benua
1       1. Posisi Benua Asia
Benua Asia dikelilingi samudera-samudera luas di sebelah Utara, Timur dan Selatan . Sedangkan bagian Barat dibatasi oleh daratan Eropa, Laut Merah, Laut Tengah dan Terusan Suez.
Secara astronomis Benua Asia terletak antara 26º BT – 170º BT dan 11º LS– 80º LU. Sebagian besar kawasan Benua Asia terletak di belahan bumi utara, sedangkan yang ada di belahan bumi selatan adalah beberapa pulau termasuk Negara Indonesia.

Benua Asia adalah benua terluas di dunia, yaitu 43.584.124 km2, merupakan seperempat luas wilayah daratan dunia atau empat setengah kali luas Benua Eropa. Benua Asia dihuni oleh 61% penduduk dunia yaitu 3,830 milyar jiwa (tahun 2003) dibanding 6,314 milyar jiwa, sehingga merupakan benua dengan tingkat kepadatan penduduk tertinggi (120 jiwa/km persegi).

2. Posisi Benua Afrika
Secara astonomis Benua Afrika terletak diantara 37º LU – 34º LS dan 17º BB – 51º BT. Demgan demikian Benua Afrika dilalui garis khatulistiwa dan wilayah daratannya sebagian besar di belahan bumi utara. Selanjutnya lihat Peta Benua Afrika . Benua Afrika dikelilingi oleh Samudera dan Laut serta Terusan.Luas benua Afrika 30.250.000 km2 merupakan benua terluas kedua setelah benua Asia.
Penduduk Benua Afrika yang berjumlah 861 juta (tahun 2003) merupakan 14% penduduk dunia, dengan kemampuan daya beli per kapita $2.120 jauh dibawah ratarata dunia. Kepadatan penduduknya (29 jiwa/km2) nomer tiga sesudah Benua Asia (120 jiwa/km2) dan Benua Eropa (32 jiwa/km2).

3. Posisi Benua Eropa
Secara astronomis Benua Eropa terletak antara 36º LU – 71º 30’ LU dan 11º BB – 66º BT. Luasnya 10.507.630 km2 merupakan benua terkecil kedua sebelum Benua Australia. Batas-batas Benua Eropa disebelah : Utara : Laut Barent, Laut Norwegia Timur : Benua Asia , Pegunungan Ural, Laut Kaspia Selatan : Laut Hitam, Laut Tengah, Selat Gibraltar Barat : Samudera Atlantik

Penduduk Eropa berjumlah 727 juta jiwa (2003) atau 11% dari seluruh penduduk dunia dengan tingkat pertumbuhan negatif yaitu – 0,2, artinya penduduk Eropa berkurang setiap tahun karena angka kematian lebih tinggi dari angka kelahiran. Penduduk Eropa tergolong maju dan kaya dengan daya beli melebihi rata-rata dunia , yaitu $ 16.270 dibanding $.7. 160 atau dua kali lipatnya bahkan lebih.

4. Posisi Benua Amerika
Luas benua Amerika 42.188. 568,5 Km, benua ini disebut dunia baru, karena merupakan daerah tujuan dari para migran dari Eropa. Nama Amerika berasal dari seorang penjelajah dunia yang berasal dari Italia , yaitu Amerigo Vespucci. Akan tetapi Columbus lah yang memperkenalkan Benua Amerika Bersama Columbus berangkat dari Lisabon tahun 1492 menyeberangi samudera Atlantik akhirnya sampai di Bahamabenua Amerika.

Amerika merupakan benua yang paling pajang di dunia (15.300 Km), bila dibandingkan denga benua lainnya. Benua ini terdiri dari dua bagian besar, yaitu Amerika utara dan Amerika selatan, dengan Amerika tengah sebagai penghubungnnya. Antara Amerika Utara dengan Amerika Selatan dipisahkan oleh terusan Panama (dibuka tahun 1914). Secara budaya Amerika utara terkait dengan Inggris, sedangkan Amerika Tengah dan Selatan dengan budaya Latin (Spanyol dan Portugal). Maka Amerika Tengah dan Selatan sering disebut sebagai Amerika Latin.
  1. Amerika Utara :  Amerika Utara luasnya 19.348.760 km2 terdiri dari Tiga negara besar yaitu Amerika Serikat dengan luas 9.372.614 km2 , Kanada yang luasnya 9.976.146 km2 dan Meksiko dengan luas 972.549 km2. Secara keseluruhan terletak di belahan bumi utara. Secara astronomis letaknya antara 26º LU – 80º LU dan 68º BB – 162º BB. Batas Amerika Utara adalah di sebelah : Utara : Samudera Arktik, Timur : Samudera Atlantik Selatan : Amerika Tengah dan Teluk Meksiko dan Barat : Samudera Pasifik, Laut Bering dan Selat Bering.
  2. Amerika Selatan :  Benua Amerika Selatan merupakan bagian dari wilayah Amerika Latin dan Kepulauan Karibia bersama dengan Amerika Tengah.. Letak astronomisnya antara 16º LU –56º LU dan 34º BB – 118º BB. Amerika Selatan adalah 17.867.308 km2 atau 13% dari luas seluruh dunia. Batas-batas wilayah Benua Amerika Selatan disebelah : Utara : Laut Karibia dan Samudera Atlantik Timur : Samudera Atlantik Selatan : Selat Drake, Samudera Atlantik Barat : Samudera Pasifik. Amerika Selatan dilewati oleh garis Khatulistiwa. Jumlah penduduk tahun 2003 sebanyak 359 juta atau 5,7 % penduduk dunia, kepadatan penduduknya 26 jiwa / km2 yang berarti lebih rendah dari rata-rata kepadatan penduduk dunia (47 jiwa/km2). Tingkat kemampuan daya beli $7.070 sedikit dibawah rata-rata dunia $ 7.160
5. Posisi Benua Australia
Australia adalah sebuah Negara dan sekaligus sebagai sebuah benua, yang merupakan benua terkecil dari kelima benua yang dihuni manusia. Luas benua Australia adalah 7.682.300 Km2 , yang berada di belahan bumi selatan.

Secara Astronomi, letak benua Australia pada 100 42’ LS – 430 39’ LS dan 1130 10’ BT – 1530 40’ BT. Batas-batas benua Australia, bagian utara: laut Timor dan laut Arafuru; bagian timur: laut Tasman dan laut Koral, samudera Pasifik; bagian selatan samudera Hindia dan bagian barat dengan samudera

Secara sosial ekonomi,benua yang sekaligus merupakan Negara ini tergolong maju. Jumlah penduduk Australia tahun 2003, sebanyak 19,9 juta jiwa, dengan tingkat kepadatan, hanya 3 orang setiap Km 2. Penduduk asli Australia adalah suku Aborigin, yang merupakan 1,5 % dari penduduk Australia keseluruhan.

6. Posisi Benua Antartika
Kutub Selatan Bumi disebut Antartika karena posisinya berlawanan dengan kawasan Arktik(Kutub Utara). Para ahli Menyebut kawasan ini Sebagai benua karenaKutub Selatan memiliki Daratan sangat luas, yaitu seluas;13.209.000 km2.Secara astronomisWilayah Benua Antar-tika terletak antara-520 LS – 900 LS. Sebagian besar permukaan benua ini tertutup oleh es dan salju, tebalnya rata-rata 2.440 meter. Karena sebagian besar permukaannya tertutup es dan salju, maka suhunya sangat dingin dan mencapai di bawah 100 C. Akibatnya tidak ada manusia yang tinggal di benua ini.

1 Response to "Teori Terbentuknya Benua"