Tahap-tahap Perkembangan Kemajuan Suatau Negara

Advertisement
Kemajuan suatu negara atau bangsa tidak mungkin dicapai secara tiba-tiba. Kemajuan itu dicapai melalui tahapan-tahapan yang cukup panjang. Negara satu dengan negara lainnya memiliki percepatan pertumbuhan yang berbeda-beda. Ada negara tertentu yang walaupun usianya cukup tua tetapi masih menunjukkan ciri-ciri negara miskin. Tetapi di sisi lain ada negara tertentu yang usianya relatif muda tetapi telah menunjukkan ciri-ciri negara maju.

Berikut ini tahapan-tahapan perkembangan suatu negara menurut Walt Whitman Rostow.

1. Tahap Masyarakat Tradisional (Traditional Society Stage)
Masyarakat tradisional merupakan masyarakat yang masih belum produktif, relatif primitif, dan masih dipengaruhi oleh pikiran-pikiran yang tidak rasional secara turun temurun. Sistem ekonomi belum berorientasi pasar, belum ada aplikasi Iptek, dan jumlah produksinya terbatas. Sebagian besar sumber daya penduduknya digunakan untuk sektor pertanian, mobilitas penduduknya rendah, dan hubungan kekeluargaan dan kesukuan masih mendominasi dalam organisasi kemasyarakatan.

2. Tahap Prakondisi Tinggal Landas (Precondition for Take Off Stage)
Pada fase ini masyarakat sedang menuju pada perubahan dalam berbagai bidang. Masyarakat mulai mengubah teknologinya ke arah yang lebih produktif dan efisien. Budayanya juga lebih produktif, sehingga masyarakat mulai menabungkan pendapatannya di lembaga-lembaga produktif seperti di bank. Dengan terakumulasinya modal di bank, para pengusaha dapat memperluas usahanya, dan perekonomian dapat bergerak ke arah kemajuan.

3. Tahap Lepas Landas (Take Off Stage)
Pada tahap ini berbagai usaha produktif terus berkembang, sehingga terjadi pertumbuhan ekonomi yang cukup berarti untuk memacu berbagai aspek pembangunan. Terciptanya pembaruan di berbagai sektor ke arah yang lebih produktif dan efisien. Akumulasi modal terus bertambah, dan industri menjadi sektor yang memimpin dalam memacu pertumbuhan ekonomi. Pendapatan nasional terus bertambah diikuti dengan pertumbuhan pendapatan perkapita penduduknya. Agar lebih jelas lagi pelajari juga ciri-ciri negara maju dan berkembang.

4. Tahap Gerak Menuju Kematangan (Drive for Maturity Stage)
Pada tahap ini kegiatan ekonomi suatu negara terus mengalami pertumbuhan secara teratur dan penggunaan teknologi modern semakin meluas. Investasi terus berkembang, sehingga struktur ekonomi terus mengalami perubahan. Industri berkembang ke arah industri hulu yang padat modal.

5. Tahap Konsumsi Tinggi (Age of High Consumption Stage)
Pada tahap ini perkembangan kemajuan suatu negara di bidang industri lebih mengarah pada produksi yang tahan lama. Sektor jasa berkembang pesat, terutama jasa keahlian. Pendapatan perkapita sangat tinggi sehingga daya beli masyarakat pun sangat tinggi, termasuk untuk pemenuhan kebutuhan sekunder dan tersier.

0 Response to "Tahap-tahap Perkembangan Kemajuan Suatau Negara"

Post a Comment