Ciri-ciri Negara Maju dan Berkembang

Advertisement
Ciri-ciri Negara Maju
Kebanyakan negara-negara maju mengandalkan sektor perdagangan, industri, dan jasa sebagai penopang perekonomiannya. Oleh karena itu negara maju sering diidentikkan dengan negara industri. Hal ini sangat berbeda dengan negara berkembang yang mengandalkan perekonomiannya dari sektor agraris dan ekstraktif yang sangat bergantung pada alam. 

Kebanyakan negara-negara maju berada di Benua Eropa dan Amerika Utara. Negara-negara ini pada masa lalu telah mengembangkan sistem perekonomian kapitalis yang berorientasi pada pengembangan modal. Sebagian lainnya bahkan telah menjadi negara imperialis yang menguasai banyak sekali daerah-daerah jajahan di Asia dan Afrika, serta Amerika Latin, misalnya Inggris, Jerman, dan Belanda. 

Inggris adalah salah satu negara dengan daerah jajahan terluas di dunia sebelum meletusnya Perang Dunia. Demikian luasnya daerah-daerah jajahan yang dikuasainya, sehingga berkembang semboyan “The sun never sets in the British Empire”. Angkatan Lautnya juga terkenal sangat kuat, sehingga muncul slogan “Britania Rules The Waves”. Jerman juga merupakan negara yang telah cukup lama bangkit sebagai negara maju. Heroisme bangsa Jerman bahkan cenderung berlebihan, sehingga dalam sejarah negara ini pernah berkembang menjadi negara fasis bersama bangsa Italia dan Jepang.

Kebanyakan negara-negara maju berada di belahan bumi Utara, oleh karena itu kelompok negara-negara maju sering dikenal sebagai “Negara-Negara Utara”. Tetapi tidak semua negara di belahan bumi Utara adalah negara maju. 

Berikut ini ciri-ciri negara yang termasuk dalam kategori negara maju.

1. Pertumbuhan Penduduk Rendah
Negara maju umumnya mempunyai pertumbuhan penduduk yang rendah, rata-rata hanya sekitar 0,1% per tahun, sehingga hasil-hasil produksi bisa terdistribusikan pada penduduk secara lebih merata. Hal ini disebabkan percepatan pertumbuhan produksi di berbagai bidang lebih tinggi daripada percepatan pertumbuhan penduduknya.

2. Kegiatan Ekonomi Berbasis Perdagangan, Industri, dan Jasa
Salah satu keunggulan pengelolaan produksi di negara-negara maju adalah tingkat ketergantungan pada alam. Mereka mengandalkan pengembangan produksinya pada sektor perdagangan, industri, dan jasa. Hal ini sangat berbeda bila dibandingkan dengan yang dilakukan oleh negara-negara miskin dan berkembang yang masih tinggi tingkat ketergantungannya pada alam akibat pengembangan produksi sektor agraris dan ekstraktif.

3. Sebagian Besar Penduduk Tinggal di Perkotaan
Kemajuan suatu negara sangat erat kaitannya dengan pertumbuhan kota. Kota-kota secara otomatis akan tumbuh seiring dengan kemajuan pembangunan yang dicapai suatu negara. Di negara-negara maju rata-rata penduduk yang tinggal di perkotaan sekitar 73%. Hal ini sangat berbeda dengan di negara berkembang yang hanya sekitar 40% penduduknya yang tinggal di perkotaan; masih di bawah rata-rata tingkat hunian penduduk dunia di perkotaan yang berkisar 46%.

4. Angka Harapan Hidup Tinggi
Angka harapan hidup berkaitan erat dengan tingkat kesehatan penduduk. Semakin tinggi tingkat kesehatan penduduk, maka rata-rata usia penduduk juga semakin tinggi. Di negara-negara maju rata-rata angka harapan hidup penduduknya sekitar 72 tahun, jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan negara-negara berkembang yang rata-rata angka harapan hidupnya hanya berkisar 63 tahun. Angka tersebut masih berada di bawah angka harapan hidup penduduk dunia, yaitu 65 tahun.

5. Pendapatan Nasional dan Pendapatan Perkapita Tinggi
Pendapatan nasional memengaruhi tingkat pendapatan perkapita penduduk. Tetapi tidak secara otomatis penduduk negara yang memiliki pendapatan nasional lebih tinggi akan memiliki tingkat pendapatan perkapita lebih tinggi pula, karena masih dipengaruhi oleh jumlah penduduknya. Peningkatan pendapatan perkapita penduduk harus dilakukan secara bersamaan antara peningkatan pendapatan nasional dengan pengendalian pertumbuhan penduduk.

6. Tingkat Pendidikan Penduduk Rata-Rata Tinggi
Tingkat pendidikan merupakan salah satu indikator penting kualitas penduduk suatu bangsa. Semakin tinggi rata-rata tingkat pendidikan penduduknya, maka kualitas bangsa itu semakin tinggi. Oleh karena itu setiap bangsa, tidak terkecuali Indonesia terus memacu peningkatan pendidikan penduduknya, baik dari segi angka partisipasi maupun kualitasnya. Di negara-negara maju, selain angka partisipasi belajar penduduknya tinggi juga memiliki sistem pendidikan yang lebih baik, sehingga seringkali menjadi bahan pembanding dan acuan bagi penerapan sistem pendidikan di negara-negara berkembang.

7. Angka Kematian Bayi Rendah
Angka kematian bayi berhubungan dengan tingkat kesehatan penduduk, yang juga merupakan salah satu indikator kualitas penduduk suatu bangsa. Angka kematian bayi dihitung berdasarkan jumlah bayi (di bawah 1 tahun) yang meninggal dari setiap 1.000 bayi yang lahir hidup. Tingginya tingkat kesehatan penduduk di negara-negara maju memiliki pengaruh terhadap rendahnya tingkat kematian bayi. Di negara-negara maju rata-rata tingkat kematian bayi adalah 8 jiwa per 1.000 penduduk per tahun. Angka ini sangat kecil bila dibandingkan dengan di negara berkembang yang berkisar pada angka 61 jiwa per 1.000 penduduk per tahun, dan rata-rata di dunia sekitar 56 jiwa per 1.000 penduduk per tahun.

Ciri-ciri Negara Berkembang
Pada umumnya negara berkembang terdapat di Benua Asia, Afrika, dan Amerika Latin. Negara-negara di benua-benua ini pada masa lalu mengalami sejarah kelam sebagai negara terjajah. Faktor sejarah ini menjadi salah satu penyebab lambatnya perkembangan negara-negara di benua-benua tersebut. Negara-negara berkembang pada umumnya memiliki taraf hidup yang rendah, di bawah rata-rata taraf hidup penduduk dunia. Namun demikian ada juga negara-negara pada benua tersebut yang memiliki taraf kehidupan yang lebih baik, seperti Saudi Arabia, Singapura, Korea Selatan, dan Jepang.

Sebagian besar negara-negara berkembang berada di belahan bumi Selatan, oleh karena itu negara-negara berkembang sering pula disebut “Negara-Negara Selatan”. Meskipun demikian tidak dapat disimpulkan bahwa ketertinggalan pembangunan (kemajuan) yang dicapai negara-negara berkembang adalah karena mereka terletak di belahan bumi Selatan.

Negara berkembang pada umumnya dicirikan dengan kompleksitas permasalahan. Berikut ini ciri-ciri negara berkembang.

1. Tingkat Kehidupan yang Rendah
Negara berkembang antara lain ditandai dengan rata-rata kehidupan penduduknya yang rendah. Hanya sekelompok kecil penduduknya yang memiliki taraf kehidupan yang memadai. Kesenjangan ekonomi antara kelompok elit dan kelompok miskin sangat lebar. Rendahnya tingkat kehidupan masyarakat negara berkembang ini dapat dilihat dari tingkat pendapatan perkapita, keadaan perumahan, sarana kesehatan, tingkat pendidikan, angka kematian, tingkat harapan hidup, dan tingkat rasa putus asa masyarakatnya.

2. Tingkat Produktivitas Rendah
Rendahnya tingkat produktivitas ini merupakan efek lanjut dari rendahnya tingkat kehidupan. Penyebab rendahnya produktivitas ini antara lain karena rendahnya kualitas tenaga kerja, kurang modal, kurang sumber daya alam, etos kerja rendah, tingkat pendidikan rendah, dan manajemen yang kurang baik.

3. Tingkat Pertumbuhan Penduduk Tinggi
Sekitar dua per tiga penduduk dunia merupakan penduduk di negara berkembang. Penyebabnya adalah pertumbuhan penduduk di negara berkembang yang tinggi. Negara berkembang masih kesulitan untuk menekan angka kelahiran kasar hingga di bawah 20.

4. Angka Beban Ketergantungan Tinggi
Akibat dari pertumbuhan penduduk yang tinggi menyebabkan jumlah anakanak semakin bertambah. Hal inilah yang menyebabkan tingginya angka ketergantungan (dependency ratio) di negara berkembang.

5. Angka Pengangguran Tinggi
Bentuk pengangguran di negara berkembang yang utama adalah pengangguran semu dan pengangguran terbuka. Pengangguran semu antara lain tampak dari adanya orang-orang yang bekerja kurang dari apa yang dapat mereka kerjakan dan orangorang yang bekerja secara penuh tetapi produktivitasnya begitu rendah. Sedangkan pengangguran terbuka tampak dari banyaknya orang-orang yang ingin bekerja tetapi tidak ada pekerjaan yang tersedia untuk mereka.

6. Ketergantungan pada Produksi Pertanian dan Ekspor Produksi Primer
Sekitar 80% penduduk negara berkembang tinggal di pedesaan (di negara maju hanya sekitar 30%). Jumlah penduduk yang bekerja di sektor pertanian sekitar 69% (di negara maju hanya sekitar 18%). Sementara itu kontribusi sektor pertanian terhadap pendapatan nasional sekitar 30% (di negara maju hanya sekitar 5%). Nilai ekspor dari produksi primer (hasil-hasil pertanian dan pertambangan) mencapai 70% dari nilai ekspor keseluruhan. Negara-negara maju kegiatan ekspornya lebih banyak dari produksi sekunder dan tersier (perdagangan, industri, dan jasa).

7. Ketergantungan dalam Hubungan Internasional
Ketimpangan yang mencolok di berbagai bidang antara negara maju dan negara berkembang menyebabkan negara maju bisa mengendalikan perekonomian negara-negara berkembang. Akibatnya negara-negara berkembang gampang didikte oleh negara-negara maju. Kehidupan negara-negara berkembang banyak yang tergantung dari pinjaman negara-negara maju. Sebagian besar negara-negara di dunia adalah negara miskin dan berkembang.

0 Response to "Ciri-ciri Negara Maju dan Berkembang"

Post a Comment