Bentuk-Bentuk Interaksi Sosial

Advertisement
Kerja sama (Kooperasi)
Salah satu bentuk interaksi sosial adalah kerjasama, artinya bergabungnya individu-individu atau sekelompok individu untuk mencapai tujuan bersama. Salah satu contohnya, yaitu kerja kelompok atau diskusi kelas.

Akomodasi
Akomodasi adalah usaha manusia untuk meredakan ketegangan akibat konflik atau pertikaian dalam rangka mencapai kestabilan. Adapun tujuan dari akomodasi adalah:
  • Mengurangi pertentangan antara orang-perorangan atau kelompok akibat adanya perbedaan paham.
  • Mencegah meledaknya suatu pertentangan dalam sementara waktu yang memungkinkan kerjasama antara kelompok-kelompok sosial sebagai akibat faktor sosial, psikologis, dan budaya.
  • Mengusahakan peleburan antara kelompok sosial yang terpisah.
Asimilasi (Asimilation)
Asimilasi, artinya proses ketika masing-masing individu atau kelompok yang sebelumnya saling berbeda perhatian dan pandangan, sekarang memiliki perhatian dan pandangan yang sama. Faktor-faktor penyebab terjadinya asimilasi adalah:
  • Adanya kelompok-kelompok manusia yang berbeda budayanya.
  • Adanya pergaulan antara manusia yang memiliki perbedaan.
  • Adanya penyesuaian budaya antara dua kelompok yang berbeda.
Akulturasi
Akulturasi adalah keadaan dimana unsur-unsur kebudayaan asing lambat laun diterima dan diolah ke dalam budaya sendiri tanpa menyebabkan hilangnya kepribadian budaya asal.

Kompetisi atau Persaingan
Kompetisi atau persaingan adalah suatu bentuk perjuangan social yang berlangsung secara damai. Kompetisi bisa berubah menjadi konflik bila salah satunya merasa frustasi dalam kompetisi tersebut, kemudian berupaya untuk menjatuhkan lawannya sekalipun dengan cara yang sangat kasar.

Konflik atau Pertentangan
Konflik atau pertentangan adalah kompetisi yang hebat sehingga menimbulkan pertentangan karena diiringi dengan rasa benci, emosi, dan marah. Masing-masing pihak yang bertikai berupaya untuk saling menyerang, melukai, merusak, dan memusnahkan lawannya. Contohnya, tawuran antarpelajar, perang antaretnis.

0 Response to "Bentuk-Bentuk Interaksi Sosial"

Post a Comment